Ciptakan Personal Branding Melalui Tampilan Anda

Ciptakan Personal Branding Melalui Tampilan Anda

Ciptakan Personal Branding Melalui Tampilan Anda

air-max-run.com – “Don’t judge a book by its cover”, begitu kata bijak yang pernah Anda dengar.  Benarkah demikian? Pada saat bertemu dengan seseorang, tidakkah Anda akan langsung berpikir tentang apa pekerjaan maupun kegiatan orang tersebut berdasarkan penampilan mereka?

Setiap kali Anda melihat seorang profesional menggunakan menggunakan balutan jas berwarna putih tidakkah Anda langsung berpikir bahwa mereka pasti berprofesi di bidang kesehatan?

Penampilan kerap kali dikaitkan dengan profesi maupun tingkat pendidikan. Tidak hanya itu, pengunaan tata bahasa pun kerap dikaitkan dengan tingkat pendidikan. 

Apabila Anda seorang profesional yang telah berupaya membentuk citra profesional secara teoritis (baca: resume/CV) seperti pada tulisan saya sebelumnya, sebaiknya Anda juga melengkapi penampilan Anda dengan beberapa langkah di bawah ini untuk menjadi satu kesatuan yang utuh dalam membentuk Personal Branding Anda.

Personal grooming memang memakan waktu, tetapi penampilan profesional secara fisik memiliki dampak sosial yang cukup tinggi.

Para ahli komunikasi mengatakan bahwa penampilan adalah http://www.pelajaransekolahonline.com/2016/03/unsur-dalam-seni-rupa-dan-pengertiannya-dengan-penjelasan-lengkap.html komunikasi non-verbal dalam menyampaikan keinginan, ambisi serta tempat kita di mata masyarakat dan menciptakan persepsi orang mengenai value atau “nilai” kita yang kerap dijadikan basis dari ekspektasi masyarakat terhadap perilaku Anda secara profesional.

Berikut adalah lima hal yang dapat dilakukan segera untuk menciptakan penampilan terbaik Anda:

1. Selalu merapikan rambut. Usahakan bagi pria untuk selalu merapikan rambut ke pemangkas rambut minimal satu kali dalam sebulan. Jadikan ini kegiatan rutin. Bagi seorang profesional menjaga rambut selalu tampak bersih dan tertata rapi tanpa harus terkesan berlebihan, akan memberikan kesan lebih baik.

2. Perhatikan kebersihan kuku, terutama bagi pria, hindari kebiasaan memelihara kuku pada jari kelingking atau ibu jari tangan Anda. Apalagi bila Anda seorang profesional yang bekerja pada sebuah perusahaan mendunia. Bagi wanita, penggunaan pemulas kuku sebaiknya disesuaikan dengan memilih warna netral. Kebersihan kuku dan jari Anda dapat mencerminkan perhatian Anda kepada setiap detil dari keseluruhan penampilan profesional.

3. Memastikan pakaian yang akan Anda gunakan selalu dalam keadaan bersih dan rapih. Memilih bahan yang tidak mudah kusut akan memberikan nilai lebih bagi Anda yang aktif dan sering berada di lapangan tanpa harus khawatir aktivitas Anda dapat merusak penampilan.

4. Perhatikan alas kaki, hindarkan penggunaan sandal pada waktu bekerja karena akan mengurangi tampilan profesional. Bagi wanita, penggunaan sepatu berhak akan mengubah penampilan Anda tetapi sebaiknya pilihlah sepatu yang terasa nyaman tanpa harus “menyiksa” diri. Sepatu yang terlihat bersih dan terawat dapat menunjang keseluruhan penampilan.

5. Jagalah kebersihan gigi, nafas dan badan Anda, apalagi bila Anda berada pada bidang yang membutuhkan banyak interaksi dengan calon klien dan melakukan banyak presentasi.  Menggosok gigi setelah makan siang adalah hal yang terbaik dan menggunakan pewangi bagi tubuh yang tidak berlebihan juga berdampak positif.

Cara berbicara dan pemilihan kosa katapun akan berdampak kepada penampilan kita secara keseluruhan dan dapat memberikan kesan baik. Berikut adalah beberapa tambahan tips yang juga dapat membantu Anda dan diaplikasikan segera:

1. Hindarkan penggunaan kata “doang” pada setiap kesempatan. Hal ini akan membantu Anda untuk berpikir lebih jauh lagi dalam hal menyampaikan keinginan Anda. Bila Anda perhatikan pada kamus Bahasa Indonesia, kata “doang”memiliki banyak arti, akan tetapi kata ini tidak pernah disarankan untuk digunakan kembali. Penggunaan kata ini akan banyak berdampak kepada pemotongan deskripsi yang akan Anda jelaskan kepada lawan bicara.

2. Merespon pertanyaan dengan menggunakan kata “ya” akan jauh terdengar lebih profesional dibandingkan bila Anda menggunakan kata “hah?” Hal yang terlihat sangat mudah dan simple  tetapi seringkali terlewatkan oleh para profesional. Terutama bila sesama rekan mereka yang saling menyapa, seringkali kita mendengar kata ini.

3.  Menggunakan kata “tidak” akan jauh lebih baik daripada menggunakan kata “kagak”. Terutama bila hal ini akan Anda sampaikan kepada pihak klien maupun kolega Anda. Mungkin akan terasa canggung pada awalnya, tetapi jika Anda biasakan, hal baik ini akan menjadi bagian dari Anda.

4. Bergantung dari dari kesempatan dan kedekatan Anda dengan lawan bicara, penggunaan kata “saya” lebih berkesan profesional dibandingkan dengan kata “aku”.

5. Penggunaan kosa kata yang baik dapat memberikan dampak positif bagi seorang professional dan acap kali menjadi cerminan pendidikan Anda. Hindarkan penggunaan kata-kata yang memiliki kecenderungan besifat trendy/gaul bila Anda sedang berada dalam situasi formil dan selalu perhatikan intonasi suara Anda agar selalu tetap terjaga konsistensinya.

Demikian artikel tentang” Ciptakan Personal Branding Melalui Tampilan Anda”, semoga bermanfaat

Baca juga artikel lainnya :