Membuat Anak Bersemangat Lakukan Pendidikan Luar Sekolah

Prinsip Pembelajaran Anak Usia Dini

Prinsip Pembelajaran Anak Usia Dini

air-max-run.com – Dalam dokumen Permendiknas no 58 2009 mengenai Standar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tersebut dinyatakan bahwasannya standar dalam tingkat pencapaian perkembangan berisikan kaidah pertumbuhan dan juga perkembangann anak usia dini sejak dilahirkan hingga dengan usia 6 tahun. Pada tingkat perkembangan yang telah diharapkan bisa dicapai oleh anak di setiap tahapan perkembangannya, bukan menjadi suatu tingkat dari pencapaian kecakapan akademik.

Membuat Anak Bersemangat Lakukan Pendidikan Luar Sekolah

Prinsip-prinsip pembelajaran anak usia dini

Berorientasi pada kebutuhan peserta didik

Kegiatan pembelajaran ini haruslah senantiasa berorientasi pada kebutuhan sih anak itu sendiri. Yang mana kebutuhan anak yang paling mendasar adalah kebutuhan fisik, anak bisa belajar jika tidak dalam kondisi sedang haus atau lapar. Kebutuhan yang berikutnya adalah kebutuhan keamanan dan juga kebutuhan rasa dimiliki serta disayangi.

Sesuai perkembangan peserta didik

Pembelajaran pada anak usia dini ini juga harus disesuaikan dengan tingkatan perkembangan pada anak, baik usia atau pun dengan kebutuhan individual anak. Perkembangan anak memiliki pola tertentu sesuai garis waktu perkembangan anak. Yang mana setiap anak berbeda perkembangannya ada yang lambat dan ada pula yang cepat. Oleh sebab itulah, pembelajaran anak di usia dini haruslah disesuaikan dengan lingkungan atau tingkat kesulitannya bersama kelompok usia  anak.

Pengembangan kecerdasaan peserta didik

Pembelajaraan anak di usia dini ini juga hendaknya tak menjejali anak dengan berbagai hafalan, akan tetapi mengembangkan kecerdasaannya. Penelitian dalam bidang neuroscience telah menemukan bahwasannya kecerdasaan sangatlah dipengarugi oleh banyak sel saraf otak, hubungan antara sel saraf otak dengan keseimbangan kinerha otak kanan dan kiri. Oleh sebab itulah, anak pada usia 0 hingga 8 tahun adalah usia yang paling kritis bagi pengembangan kecerdasan anak. Namun sayangnya ada banyak orangtua, guru, dan juga pendidikan anak usia dini yang mengunci mati sel otak tersebut untuk jalankan fungsi kepastiannya yang tidak terhingga. Oleh sebab itulah, guru dan orangtua harus paham teknik stimulasi otak secara tepat untuk kembangkan kecerdasaan pada anak, tak hanya sekadar jejali anak dengan informasi hafalan saja.

Belajar lewat bermain

http://air-max-run.com/2016/11/30/prinsip-pembelajaran-anak-usia-dini/ Bermain adalah salah satu pendekatan di dalam melaksanakan kegiatan pendidikan anak di usia dini dengan menggunakan metode, strategi, materi, dan media yang menarik supaya mudah untuk diikuti anak. Lewat bermain ini anak nantinya akan diajak untuk bisa bereksplorasi, menemukan, dan juga memanfaatkan benda yanga da di sekitarnya. Belajar dari kongkrit ke absrtak, gerakan ke verbal, sederhana ke kompleks, dan dari diri sendiri ke social. Yang pastinya pembelajaran pada anak usia dini tersebut harus dilakukan secara bertahap.

Demikianlah sekilas informasi tentang prinsip pembelajaran anak usia dini. Semoga saja informasinya bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya tentang desain rumah :