desain kamar mandi

8 Tips dan Cara Tepat Renovasi Kamar Mandi Anda

8 Tips Mudah dan Hemat Renovasi Kamar Mandi Anda Menjadi Lebih Indah Serta Nyama Digunakan

air-max-run.com –┬áKendati kamar mandi adalah ruangan terkecil di rumah Anda, namun ia merupakan ruangan yang paling sering digunakan. Bahkan banyak orang yang rela menginvestasikan uangnya demi mempercantik tampilan kamar mandi. Untuk sebagian orang, kamar mandi bisa menjadi tempat pelarian dari rutinitas keseharian, walau hanya untuk sekejap. Jadi ketika Anda ingin merenovasi kamar mandi, pertimbangkan 8 tips berikut ini:

1. Tetapkan Anggaran
Yang terbaik sebelum memulai proyek renovasi adalah menentukan anggaran. Bukan hanya karena akan berdampak besar pada jenis bahan yang Anda pilih untuk merenovasi, namun juga akan membantu Anda saat akan menetapkan batasan-batasan desain.

2. Perencanaan Yang Matang
Tentukan persyaratan dan kebutuhan dari kamar mandi baru. Merencanakan remodeling sebuah kamar mandi akan melibatkan posisi dari perlengkapan dasar seperti bak mandi hingga toilet. Pastikan rencana tersebut menyediakan cukup ruang untuk lantai dan tembok plus beberapa perangkat ekstra semisal gantungan handuk, cermin dan lemari.

3. Perhatikan Bagian-bagian Penting
Putuskan apakah Anda perlu membuat perubahan pada bagian vital yang telah ada di kamar mandi sebelumnya dan apakah membutuhkan pekerjaan struktural. Ukur dan catat posisi bagian vital yang ada hingga jendela dan pintu. Anda juga perlu memutuskan apakah Anda perlu merelokasi pintu, jendela atau dinding dan apakah butuh membuat perubahan pada sistem kabel listrik, air dan saluran air.

4. Jangan Ubah Bagian Yang Tertanam Permanen
Secara kasat mata, mengganti switch wastafel dan toilet mungkin terlihat cukup mudah, tapi masalah yang sesungguhnya terletak di bagian bawah dan butuh biaya yang cukup besar untuk memindahkan pipa-pipa tersebut.

5. Atur ruang yang ada sebaik mungkin
Pastikan bahwa Anda memiliki cukup ruang untuk mengakomodasi peralatan yang Anda pilih serta ruang yang cukup untuk memindahkan mereka ke posisi baru.

6. Atur Letak Lampu Dengan Posisi Yang Pas
Pencahayaan di atas meja rias adalah lokasi ideal untuk mendapatkan tempat terbaik menaruh lampu. Dim light sangat baik untuk mandi dengan santai, sementara lampu yang terang dibutuhkan saat mencukur atau menggunakan makeup. Menambah pencahayaan secara keseluruhan dapat membuat kamar mandi kecil tampak lebih besar.

7. Buatlah Peta Lokasi Saluran Pipa
Menentukan lokasi-lokasi pipa-pipa dan buat sedemikian mungkin agar mudah mengakses saat terjadi kebocoran atau kerusakan pada pipa tersebut.

Beberapa pembaharuan yang paling efektif di kamar mandi sekaligus paling mudah adalah dengan merubah seluruh perangkat keras semisal seperti laci tarik, keran, dan kepala shower. Pastikan untuk menggunakan finishing yang sama, seperti stainless steel, perunggu, atau nikel.

8. Atur kamar mandi agar mudah dibersihkan.
Tidak ada yang suka membersihkan kamar mandi, jadi mengapa Anda membuatnya menjadi rumit dan sulit dibersihkan? Misalnya, jangan memposisikan meja rias, toilet dan yang lainnya berdekatan sehingga ruang untuk membersihkan menjadi sempit. Gunakan keramik dinding yang lebih besar untuk menghilangkan garis-garis nat.
Dengan perencanaan yang tepat untuk proyek renovasi kamar mandi Anda dapat meningkatkan nilai dari rumah Anda dan gaya hidup Anda.

Baca juga artikel lainnya tentang desain rumah :